Sabtu, 18 Juni 2011

Penguasaan Nama Benda, Materi Pertama dalam Pembelajaran Bahasa Asing

Para pengajar bahasa Asing telah berupaya dengan sungguh-sungguh untuk mencari cara agar bahasa asing yang diajarkannya mudah dan menyenangkan bagi peserta didik. Pelbagai penelitian telah dilakukan, dari studi khusus hingga menjadi tema sentra dalam karya ilmiah, seperti Skripsi, Tesis maupun Disertasi. Hasilnya pun beragam. Diantaranya ada satu hal yang menggelitik penulis yaitu apa dan bagaimana bahasa itu bisa diperoleh penuturnya pada pertama kali.

Tentu hal ini menjadi kajian histori. berdasarkan keyakinan penulis bahwa manusia pertama adalah Adam AS, maka kajian ini tentu mengarah padanya. bagaimana ia pertama kali mengenal bahasa, objek apakah yang pertama kali dikuasinya, serta banyak pertanyaan lain yang mesti bersua jawabannya.

Jawaban itu bisa diperoleh lansung dari gurunya. siapa dia? ya, Dia adalah sang Khalik, Allah SWT yang menjadi guru Adam. kita mengetahuinya dari buku yang Ia karang, Alquran. studi ini berasal dari Q.S. Al-Baqarah : 31 ;

وَعّلَّمَ آدَمَ الأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلى الْمَلآئكةِ 
فَقَاَلَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هؤَلآء إِنْ كُنتُمْ صَادِقِيْن

"dan Ia mengajarkan Adam Isim (nama benda) semuanya, kemudian Ia mengemukakannya kepada Para Malaikat. lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"

Terdapat beberapa poin penting dari potongan ayat ini. di antaranya sebgai berikut:

  1. Bahwa terdapat proses 'allama - yu'allimu - ta'lim, yaitu proses pembelajaran pertama setelah adam diciptakan. Hal ini mengandung makna bahwa pembelajaran bahasa yang dilakukan sejak dini memberi pengaruh positif terhadap kemampuan peserta didik. Usia yang masih belia memungkinkan tingkat penguasaan bahasa asing itu tinggi.
  2. Gurunya Allah SWT, Mahasempurna, menguasai materi. Hal ini tergambar dari adanya kata كلها (kullaha). Penguasaan seorang pendidik terhadap materi yang akan diajarkan berimplikasi dan menjadi salah satu syarat peserta didik akan cepat menguasai bahasa Asing.
  3. Peserta didiknya adalah Adam. Adam dalam ayat di atas menjadi maf'ul bih (objek). Makhluk paripurna menjadi kebanggaan Allah dihadapan makhluk lainnya. Motivasi, Potensi dan Bakat ternyata mempengaruhi penguasaan bahasa Asing tersebut.
  4. Adapun materi pembelajarannya adalah materi yang dasar yaitu mengenal Al-asma (kata benda). artinya adalah bukanlah gramatikal yang ditekankan dalam pembelajaran bahasa Asing bagi pemula, tetapi penguasaan terhadap kosa kata tentang benda yang ada di sekitar peserta didik menjadi objek utama.
  5. Tidak hanya sampai disini, pembelajaran mesti dievaluasi. kata 'aradha pada ayat diatas menjadi sumber inspirasinya. Apabila peserta didik telah melalui pelbagai proses pembelajaran maka sebuah keniscayaan diadakannya evaluasi dan bahkan memungkinkan untuk menjadikannya kemampuan penguasaan tersebut ditampilkan di depan khalayak ramai,, sehingga rasa percaya diri peserta didik terbangun dan merekapun bangga terhadap bahasa yang telah dikuasainya.
  6. Dalam ayat diatas pun juga diisyaratkan tentang bentuk soal dalam penguasaan bahasa asing yang harus diselesaikan oleh peserta didik yaitu berupa esai atau ekplorasi bebas, serta menggunakan kalimat perintah.

Inilah, analisa bahasa dari redaksi teks Alquran menuntun kita - para pendidik dan pengajar bahasa asing - untuk mengutamakan penguasaan kosa kata, bukan berarti mengabaikan gramatikal, tetapi menjadikan kosa kata sebagai pintu terhadap penguasaan bahasa asing tersebut.

4 komentar:

  1. syukran ilmunya, jazakallah akhi...

    BalasHapus
  2. mantap dinda, semoga istiqomah menjadi nafas kita untuk menatap masa depan lebih baik

    BalasHapus
  3. dinda, bolehkah tulisan ini saya kutip kembali untuk di www.bahasaarabonline.org? nuhun

    BalasHapus
  4. sepakat sob.... sukses

    BalasHapus

NASIB ASMARA BERBANDING LURUS DENGAN MUKA?

Ketika belum ada gawai, surat cinta menjadi primadona dalam menyampaikan pesan cinta. Waktu itu, meski hampir 250 kali membuat surat ci...